12 Tips Bekerja dari Rumah – Work From Home

  • by
12 Tips Bekerja dari Rumah - tips Work From Home - paty interior

12 Tips Bekerja dari Rumah – Work From Home

Tips bekerja dari rumah | Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah bisa menjadi perubahan besar dan konsep baru untuk diadaptasi. Bagi mereka yang bekerja dari rumah sesekali, atau bahkan sering, masih bisa menjadi pengalaman baru jika seluruh tim Anda juga bekerja dari jarak jauh.

Dalam hal bekerja dari rumah, beberapa orang berhasil dan yang lain merasa sedikit kesulitan. Kurangnya komunikasi dan kesepian merupakan dua ketakutan pekerja jarak jauh. Namun, jangan biarkan ketakutan menguasai Anda. Ada banyak manfaat yang didapat dengan bekerja dari rumah.

Sebagai permulaan, menurut Fundera, dua pertiga manajer melaporkan bahwa karyawan yang bekerja dari rumah meningkatkan produktivitas mereka secara keseluruhan dan pemberi kerja yang menawarkan opsi bekerja dari rumah mengalami penurunan tingkat keluar masuk karyawan hingga lebih dari 50 persen. Selain itu, telecommuters full-time menghemat lebih dari 60 juta rupiah setiap tahun dan 82 persen melaporkan tingkat stres yang lebih rendah.

Apa itu Bekerja dari rumah / work from home ?

Bekerja dari rumah menggambarkan pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh, bukan di kantor. Akronim “WFH” untuk work from home digunakan sebagai nama panggilan untuk konsep tersebut.

Banyak organisasi mengalihkan karyawan mereka dari kantor ke model bekerja dari rumah selama pandemi global masih berlangsung.

tips bekerja dari rumah - work from home - paty interior

Apa perbedaan Bekerja dari rumah dengan Bekerja di rumah ?

Bekerja dari rumah / work from home” tampaknya menjadi idiom standar saat ini untuk telecommuting. Konotasinya tampaknya pekerjaan Anda masih berpusat di sekitar tempat kerja, tetapi Anda menyelesaikannya dari jarak jauh.

Hal ini berbeda dengan “bekerja di rumah / work at home“. Bekerja di rumah adalah dimana Anda sebagai wiraswasta (jadi tempat kerja Anda adalah rumah Anda) atau di mana pekerjaan sebenarnya berpusat di rumah karena beberapa alasan (misalnya jika pekerjaan Anda sedang merakit sesuatu dan Anda membawanya pulang dan merakitnya di sana).

Berikut ini 12 tips bekerja dari rumah agar menjadi lebih mudah:

  1. Ikuti rutinitas normal Anda
    Hal terbaik tentang bekerja dari rumah adalah Anda dapat mengikuti rutinitas normal Anda, hanya tanpa waktu perjalanan tambahan. Setelah Anda bangun, nikmati sarapan yang enak dan siapkan diri Anda untuk hari yang akan datang.
  2. Berdandanlah
    Meskipun Anda tidak melihat kolega Anda secara langsung, Anda akan melihatnya melalui obrolan video. Mungkin Anda tergoda untuk mengenakan piyama, tetapi penting untuk membuat diri Anda tampil rapi dan memilih pakaian yang menurut Anda mewakili gaya Anda.
  3. Buat ruang kerja khusus
    Tips bekerja dari rumah ketiga adalah : Temukan tempat yang tepat di rumah Anda untuk bekerja, jauh dari gangguan seperti televisi. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk duduk di sofa dan bekerja, ini tidak baik untuk pemisahan kehidupan kerja Anda.
    Sisihkan sedikit ruang, sebaiknya ruangan (tidak harus berukuran besar) untuk menjadi ruang kerja Anda. Dengan begitu, saat Anda memasukinya, Anda tahu secara sadar Anda sedang bekerja.
  4. Tetapkan aturan dasar bersama orang lain
    Jika ada orang lain yang akan berada di rumah saat Anda bekerja, Anda harus menjelaskan bahwa saat Anda berada di ‘kantor’ (atau area ruang kerja), Anda sedang bekerja – bahkan jika terlihat seperti dan terasa seperti Anda sedang nongkrong di rumah.
  5. Ingatlah untuk makan dan minum
    Ini mungkin terdengar jelas tetapi sering kali ketika Anda bekerja dari rumah, orang-orang lupa berhenti untuk minum dan / atau makan siang. Siapkan kendi air dan simpan di area kerja khusus Anda agar Anda tetap terhidrasi. Usahakan untuk menjauh dari laptop Anda untuk makan siang dan duduk dan nikmati istirahat Anda.
  6. Diam tidak selalu emas
    Tips bekerja dari rumah keenam : Jika Anda menikmati keramaian dan hiruk pikuk kantor, pertimbangkan untuk menyalakan radio atau musik sebagai latar belakang. Ini akan membuat Anda tidak merasa terlalu sendirian dan menciptakan kembali beberapa white noise yang biasa Anda alami.
  7. Periksa dengan rekan kerja
    Bekerja sendiri bisa membuat beberapa orang merasa kesepian. Kami memiliki lebih banyak teknologi daripada sebelumnya untuk membuat kami tetap terhubung dengan orang lain, jadi gunakan obrolan tim, alat konferensi web, panggilan telepon, dan email untuk tetap terhubung dengan tim Anda.
  8. Menyebarkan kata-kata penghargaan
    Saat Anda bekerja di luar, akan sulit untuk diperhatikan saat Anda bekerja dari rumah. Faktanya, 82 persen karyawan berharap mereka menerima lebih banyak pengakuan atas pekerjaan mereka. Luangkan waktu untuk membuat hari seseorang menyenangkan dan akui mereka atas kerja kerasnya. Pengakuan itu menular dan dengan mengirimkan kata-kata penghargaan kepada seseorang, hal itu dapat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.
  9. Bagikan tanggapan Anda
    Sebagai pekerja jarak jauh, Anda perlu mengingatkan diri sendiri bahwa Anda tidak sendiri. Jika Anda memiliki sesuatu dalam pikiran Anda atau memiliki kekhawatiran, bagikan umpan balik Anda dengan manajer Anda. Beri tahu manajer Anda apa yang Anda butuhkan untuk sukses sebagai pekerja jarak jauh.
  10. Beri diri Anda istirahat
    Tips bekerja dari rumah kesepuluh : Ciptakan waktu istirahat untuk diri Anda sendiri selama hari kerja Anda. Cobalah jenis jeda yang berbeda untuk mengubahnya. Misalnya, Anda dapat berjalan-jalan di luar, minum kopi, atau melakukan hangout virtual dengan rekan kerja. Berikan waktu pikiran Anda untuk mencerna apa yang baru saja dilakukan, lalu kembali bekerja setelahnya. Penting untuk menggunakan waktu istirahat ini untuk fokus pada kesejahteraan dan kesehatan mental Anda di tempat kerja.
  11. Tetapkan batas waktu pekerjaan
    Saat Anda bekerja dari rumah, Anda akan mudah kehilangan struktur yang ditetapkan pada hari itu. Tetapkan waktu yang ditentukan kapan Anda akan bekerja, lalu kapan berlalu, hentikan. Anda dapat memiliki sedikit kelonggaran di sini, tetapi pastikan bahwa Anda tidak akan mengaburkan keseimbangan kehidupan kerja.
  12. Rapikan
    Setelah Anda selesai bekerja, kemas semuanya. Anda meninggalkan pekerjaan untuk hari itu jadi jangan tinggalkan jejak laptop atau dokumen Anda yang akan menggoda Anda untuk kembali. Dalam hal bekerja dari rumah, Anda perlu menetapkan batasan yang jelas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi Anda.

Sukses saat bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah bisa menjadi proses yang lebih lancar dengan 12 tips dari kami. Bawalah tips ini bersama Anda dan lihat apakah kehidupan Anda sebagai pekerja jarak jauh meningkat. Setiap hari adalah proses pembelajaran dan penting bagi Anda untuk menemukan rutinitas hari-hari yang tepat yang sesuai untuk Anda.

Untuk melihat informasi & tips dari PATY Interior, silahkan klik halaman ini : BLOG