Beli Rumah atau Mobil Terlebih Dahulu ?

  • by
Beli Rumah atau Mobil Terlebih Dahulu - PATY Interior

Beli Rumah atau Mobil Terlebih Dahulu ?

Beli Rumah atau Mobil | Bagi pasangan yang baru menikah biasanya memiliki segudang impian untuk mewujudkan rumah tangga idaman. Dimulai dari mimpi membeli mobil, rumah, furnitur, hingga traveling keliling dunia.

Hal ini tidak jarang membuat pasangan yang baru menikah / newlywed ini bingung dalam menentukan fasilitas yang sebaiknya dimiliki terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat ingin menentukan pilihan dalam membeli rumah atau mobil terlebih dahulu.

Jika membeli rumah terlebih dahulu

  1. Jika dinilai secara potensi peningkatan, harga rumah akan selalu meningkat setiap tahunnya. Perhatikan, apakah rumah ini benar-benar sudah menjadi kebutuhan atau hanya sekedar investasi ?
  2. Mengingat harga rumah bisa berkali lipat lebih besar daripada mobil, pertimbangkan untuk tinggal di rumah mertua / orang tua sementara sambil menabung hingga terkumpul cukup dana.
  3. Hitung dengan cermat kemampuan untuk membayar down payment (DP) rumah dan cicilan per bulannya. Pastikan hal tersebut tidak mengganggu kebutuhan lainnya yang juga tidak kalah pentingnya, seperti membayar cicilan pinjaman dan keperluan bulanan.
  4. Sesuaikan dengan perencanaan ke depan. Apakah Anda memang berencana untuk menetap di lokasi tersebut atau ada kemungkinan untuk pindah ? Jika Anda memang mantap untuk menetap, Anda dapat memutuskan untuk membeli rumah sebagai tempat tinggal permanen di lokasi tersebut.
  5. Pertimbangkan pula biaya perbaikan / peningkatan rumah yang harus Anda ketahui. Pilihlah perusahaan kontraktor interior yang baik dan bertanggung jawab karena hal ini dapat menguras finansial Anda bila Anda salah dalam memilih partner dalam mengerjakan hal tersebut.

Baca juga : Alasan menggunakan jasa interior untuk rumah Anda

Jika membeli mobil terlebih dahulu

  1. Pertimbangkan seberapa butuhnya mobil tersebut. Apakah mobil tersebut nantinya digunakan hanya untuk bepergian pribadi atau untuk mencari penghasilan tambahan ?
  2. Jika mobil digunakan sebagai sarana mobilisasi ke tempat bekerja, apakah ada alternatif lainnya (misalkan fasilitas antar-jemput kantor) atau dengan angkutan umum ?
  3. Jika mobil tersebut ditujukan sebagai sumber penghasilan, pelajari dan hitung potensi keuntungan yang akan didapatkan. Apakah bisa mengcover biaya cicilan dan kebutuhan hidup ?
  4. Selain kebutuhan, pastikan juga kondisi keuangan Anda dengan harga mobil yang diinginkan. Apakah Anda memiliki cukup dana untuk membayar uang muka dan juga cicilannya ?
  5. Mengingat mobil merupakan barang terdepresiasi, perlu diperhitungkan biaya-biaya rutin yang harus dikeluarkan seperti biaya bahan bakar, biaya servis / perbaikan rutin per bulan. Hal ini jangan sampai membuat Anda menghabiskan dana hanya untuk mobil Anda saja.

Nah, semoga sekarang sudah punya gambaran yang lebih jelas ya. Mau beli rumah atau mobil terlebih dahulu, harus dicermati dengan teliti. Jangan sampai hal tersebut akan membuat keuangan kita menjadi tidak stabil yang berujung pada hutang yang terus menumpuk dan menumpuk.